Hari Pertama Puasa Anak Rantau : Apa Yang Harus Dipersiapkan?

by - 22.21

Hari pertama puasa challange 30 hari Blogger Perempuan Ramadan 20222

Ini adalah tahun kesekian menjalani Ibadah puasa sendirian sebagai anak rantau yang jauh dari rumah dan keluarga. Rasanya mungkin akan sama karena sebetulnya sudah terlatih biasa hidup sendirian. Namun tetap harus disyukuri, karena Alhamdulillah masih dipertemukan dengan Ramadhan di tahun 2022.


Biasanya sebagai anak rantau atau lebih tepatnya anak kost, yang kalo sahur maupun buka seorang diri. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. 

Diantaranya :



1. Mempersiapkan Hati di Mulai dari Hari Pertama Puasa


Walau ini terdengar lebay, menurutku mempersiapkan hati itu penting banget, karena kan kita mau menjalani ibadah, jadi hatinya juga harus baik dan bersih. Tidak ada dendam atau kebencian. Nah jadi udah pasti nih , mengucapkan maaf kepada teman-teman atau keluarga. Jadi dimulai dari 0-0.



2. Kesehatan


Menjaga kesehatan untuk anak rantau yang jauh dari keluarga itu hukumnya seperti wajib. Karena akan repot bila sakit datang. Jadi lebih baik mencegah dengan menyetok vitamin untuk dikonsumsi saat sahur ataupun setelah buka puasa.



3. Tetap Sahur dengan Masakan Ibu


Ini adalah salah satu kegiatan yang sama yang saya lakukan setiap bulan Ramadan. Selain agar tidak repot sebagai anak kost, ini juga membuat saya jadi mengurangi rasa kangen masakan ibu. 

Seminggu sebelum Puasa biasanya saya akan minta dikirimin ibu kering tempe dll yang sekiranya bakal awet untuk dimakan sebulan. Walau berjauhan rasanya akan tetap sama seperti sedang sahur dirumah karena masakan ibu. 



4. Pasang Alarm

Hari pertama puasa biasanya masih rajin banget untuk bangun on time pas sahur. Tapi biasanya hari hari selanjutnya suka kebablasan atau telat sahur. Jadi ini rutinitas yang ga boleh terlewat, yaitu pasang alarm. Karena anak kost biasanya ga ada yang ngebangunin, kecuali titip pesan untuk dibangunkan ibu kost/ teman kamar kost sebelah. Tapi alangkah lebih amannya memang lebih baik pasang alarm lebih dari 1x. hehe


5. Targeting Membaca Al-Qur'an

Kalo dirumah biasanya rajin banget nih membaca Al-Qur’an karena biasanya setelah sholat jamaah bersama orang rumah kegiatan selanjutnya membaca Al-Qur’an. Nah namun berbeda dengan anak kost, yang kadang setelah sholat subuh malah lanjut tidur, mungkin karena sendirian dan rasanya lebih malas kalo ga ada temennya mungkin yaa. Jadi ini perlu banget, menargetkan dalam membaca Al-Qur’an. Kaya misal setelah sholat subuh harus banget 2-5 lembar atau 1 day 1 juz. Pokoknya sebulan harus khatam Al-Qur’an. Karena kalo tidak di targetkan biasanya males malesan. Namun semoga saja, targetnya bisa tercapai sesuai keinginan. Aamiin…

You May Also Like

0 comments

Get in Touch