Arti Dalam Gerakan Sholat

by - 12.21




Hari ini dapet ilmu baru, dari guru matematika (Pak Deni).
lah kok gak nyambung? Apanya? Judulnya arti gerakkan Sholat, kok yang nerangin guru matematika? Bukannya  biasanya guru PAI yah\?
Hehe..untuk kali ini beda guys, saya dapat dari guru matematika saya. Dan gak ada salahnya kan guru matematika nerangin keagamaan?hhe
Tanpa di sengaja si, awalnya kita lagi break sebentar  kalian tau sendiri kan kalo belajar matematika itu biasanya bikin otak ngebul, alias pusing 7 keliling. Nah kebetulan hari ini habis remedial. (jujur banget).


Biasanya Pak Deni kalo liat anak-anak kelas mukanya udah kusut atau madesu. Beliau selalu bilang 
"lanjut apa materi? Karena saya gak mau diem saja. Kalo saya diam saya spontan bikin soal".hahaha kocak yah guru saya yang satu ini. Setiap beliau diam , berarti langsung bikin soal, gak kebayang kalo lagi tidurpun bikin soal. 


Sebenarnya bacaan sholat dari awal niat sampai salam itu semuanya adalah do’a alias mempunyai arti dan kebaikan tersendiri. Jadi biarpun kalo udah selesei sholat kita tidak berdo’a itu sebenarnya kita udah berdo’a yang dari niat sampai salam. Tapi kalo do’anya tidak terkabul berarti memang kita-nya saja yang sholatnya salah atau tidak khusu.
Di tambah  bahwa sebenarnya kita terlalu sering buru-buru  alias tergesa-gesa dan itu yang membuat kita tidak khusu atau bacaan sholatnya sering tidak jelas dan terkadang ada yang terlewat. Kalo curhatannya temen-temen dulu, kalo mereka lagi sholat terus denger suara hp bunyi mreka langsung gak khusu gitu sholatnya karena mreka penasaran dengan orang yang sms hp mreka. Dan kadang banyak orang juga yang emang mereka lagi sholat , tapi pikirannya/ ingatannya/ bahkan mungkin bayangannya sedang dimana. Yang kalo di sekolah kadang mikirnya nanti nyampe rumah makan sama apa yah? Terus kadang ada yang lagi mikirin ulangan, nanti ulangannya gimana yah?? Ah terlalu banyak mungkin  yang orang pikirkan kalo lagi sholat dari A sampai Z.
eh tapi gak usah di tiru yah teman-teman!


Hmm.. karena terburu-burunya dalam sholat kadang ada yang cima 2 sampai 3 menit udah slesei sholatnya. Nah menurut ilmu yang saya dapat bahwa sebenarnya kalo kita sholatnya dengan khusu dan bacaan sholatnya benar, sholat itu membutuhkan waktu 7-10 menit atau mungkin lebih. Ternyata selama ini banyak banget yang salah dalam melakukan sholat yah.
Oh iyaa, dalam sholat itu kunci utamanya adalah bacaan Surat Al-fatihah.
Surat Al-fatihah itu memiliki kandungan yang sangat istimewa dan surat Al-fatihah ini adalah surat yang mencakup semua surat yang lain. Artinya semua surat-surat pendek ataupun panjang semuanya sudah terkandung dalam surat Al-Fatihah. Subhanalloh, benar-benar istimewa  yah !
Saya baru tahu , surat yang kadang di bacanya dengan asal-asalan tapi memiliki arti / kandungan yang sangat istimewa. Biarpun katanya  surat Al-Alaq adalah surat  yang pertama kali di turunkan , tapi tetap saja surat Al-Fatihah yang pertama kali ada kalo kita buka Al-Qur’an , mungkin itu juga salah satu keistimewaannya.


Dan gerakan-gerakan dalam sholat itu memiliki banyak arti, Ada sujud, kalo sujud kita ketika sholat itu benar dan bacaannya-pun benar , nanti akan membantu kita ketika kita di akhirat. Contoh lainnya ketika rukuk, yaa sama yah kalo gerakkan rukuk dan bacaanya benar itu akan membantu kita ketika nanti kita menyeberangi jembatan shirotol mustaqim, rukuk kita akan menjadi pegangan untuk kita ketika menyebranginya. Jembatan yang katanya bagaikan rambut di belah 7. Dan masih banyak lagi conto arti dalam setiap gerakkan sholat . 

You May Also Like

2 comments

  1. Postingan Yang menarik dan bermafaat.... tetap Share ya... Have a nice day.

    Alvin
    http://www.abtech-yogyakarta.com

    BalasHapus
  2. Iya terimakasih ..
    insyaalloh, saya akan share yang lain yang tentunya lebih bermanfaat.
    teriamakasih untuk kunjungannya. :)

    BalasHapus

Get in Touch