Jalan-jalan sore di Alun-alun Kota Banjar Patroman : Ada Surabi ,Bajigur dan Jajanan Enak lainnya

by - 15.37

 Jalan-jalan sore di Alun-alun Kota Banjar Patroman



senja alun-alun kota banjar
Alun-alun Kota Banjar


Sudah sejak lama rasanya tidak menikmati jalan-jalan sore bersama keluarga. Menikmati jajanan seperti semasa sekolah zaman dulu. Dari otak-otak, tahu keriuk, jasuke hingga surabi dan bajigur yang khas banget sama jajanan di jawa barat. 



Bukan berarti jajanan yang saya sebutkan tidak ada dikota lain, tapi memang rasanya berbeda saja. Seperti halnya otak-otak, ketika dijakarta otak-otak bukan dari tepung kanji. atau pun seblak, rasanya memang berbeda jauh sekali ketika makan seblak yang memang asli dari daerah jawa barat. 



Hari sabtu sore hingga malam minggu, memang sangat pas jalan-jalan sore di alun-alun kota banjar. Hal yang dulu sering sekali saya lakukan. Jika waktu maghrib tiba, tinggal sholat di masjid agung kota banjar, karena lokasi tepat didepan alun-alun. Menikmati senja dan burung gereja yang berterbangan, menjadi hal tak terlupakan yang masyaallah nikmat sekali untuk memandanginya. 



Tidak lupa, selain banyak yang jualan jajanan / makanan dari yang berat hingga cemilan ada juga yang jualan kebutuhan. Seperti sandal, hijab, jam tangan , peci dll. Ada juga mainan anak-anak. Kebetulan ada keponakan saya juga yang ikut jalan-jalan sore itu, dia memilih untuk memilih mainan melukis. Menurut saya itu cukup membuatnya senang, dan juga bisa mengasah kemampuan / skillnya dalam hal menggambar, emm lebih tepatnya mewarnai.hehe




Permainan Memancing





Ooh iyaa siapa tau temen-temen disini ada yang mudik atau sedang liburan di jawa barat yang sekiranya dekat dengan kota banjar, saya rekomendasikan untuk jalan-jalan di alun-alun kota banjar ini. Menurut saya ini cocok untuk bermain atau sekedar menikmati waktu sore bersama keluarga. 



Tidak lupa, hal pertama yang saya inginkan ketika main ke banjar waktu sore adalah membeli sorabi dan juga bajigur. Bapak dan istrinya ini berjualan di dekat lampu merah. Pembuatan surabinya sendiri masih sangat tradisional, masih pakai tungku dan kayu bakar sebagai alat masaknya. Jadi itulah kenapa, cita rasa surabinya masih sangat khas dan juga pas sekali jika makan surabi ditemani dengan bajigur. 



bajigur, minuman tradisional bajigur
Bajigur

memasak surabi tradisional
Alat untuk memasak surabi


surabi
Surabi



Nah untuk harganya sendiri, jajanan yang ada di kota banjar masih terbilang standart sesuai harga waktu dulu zaman saya sekolah SMK. Dari 3rb-an hingga 10rb-an.



You May Also Like

0 comments