To Be Graphic Designer

by - 10.30





Sudah bulan Maret,  dan ini sudan hampir 3 bulan di tahun 2020. 
Apa yang sudah didapat? atau perubahan apa yang sudah dilakukan? 
Ah rasanya tidak ingin muluk-muluk. Sesuatu yang menyesakkan di 2019 tidak terulang ditahun inipun sudah cukup rasanya. Iya ga?



Ada beberapa dorongan yang rasanya membuat saya ingin mencoba mengenang dan kilas balik kehidupan yang hampir seperempat abad ini.



Yap.. Dari judulnya Aja to be Graphic Designer.  Ini sesuatu yang sebenernya masih saya bingungkan. 
Kadang suka aneh aja, kok bisa ya saya jadi graphic designer? Hahaha
Mungkin temen-temen sudah pada paham kan ya graphic designer itu ngapain. Naah masalahnya kalo pulang kampung ditanya “kerja jadi apa?” Kalopun bilang graphic designer ada beberapa dari mereka kurang paham, jadi biasanya bilang “itu bikin gambar gambar” padahal aslinya ga bisa-bisa banget ngegambar.



Ada hal lain yang lucu, lulusan Informatika terus kalo ada alat-alat rumah yang rusak auto ditanyain ini rusaknya kenapa, dan surun benerin. Entah remot tv, kipas angın, hp rusak, pokoknya hampir semua elektronik deh. Dipikirnya saya kuliah informatika belajar nyervice gitu kali ya.

Oh yaa btw saya lulusan Informatika, bukan anak DKV atau desain sungguhan yaa.



Jadi gini, kuliah Informatika 2014-2018 di Universitas Amikom Yogyakarta. 
Singkat cerita kenapa pada akhirnya kuliah di amikom dengan jurusan informatika, karena pernah kunjungan industri dari smk ke amikom pas kunjungan kami dikasih lihat movie 2d dan 3d yang debuat di amikom. Auto dah ini kenapa keren banget. Dan memang sejak saya mengambil jurusan multimedia. Jadi tambah pensaran dong sama bidang animasi dan sejenisnya. Tadaaa ketika sudah masuk informatika yang paling banyak dipelajari hmm.. yaa itu Bahasa komputer. Yaampun bahasa manusia aja kadang ga paham gimana sm bahasa komputer.
Namun ternyata kita dikasih masa penjajakan gitu. Dari semester 1 sampan 3. Kayak misal semester 1 lebih belajar ke bahasa pemograman, semester 2 jaringan dan semester 3 multimedia. Setelah itu barulah di semester 4 kita akan lebih ke jurusan yang mana, bukan jurusan sih tepatnya konsentrasinya. Namun tetap koding mengoding akan mengikuti hingga akhir, tapi ga yang mendalam superti teman-teman yang memang fokus di pemrograman.




Kerja dan masuk the real dunia kerja juli 2018 hingga saat ini.
Sebenarnya waktu awal selesai kuliah ada banyak sekali keraguan dalam diri saya. 
Dari yang skill saya yang tengah-tengah banget, rasanya tidak ada yg bener-benar expert bikin rasanya semakin minder. Lulusan informatika dengan gelar S.Kom tapi ga bisa ngoding, mau menjudge diri dengan lulusan multimedia yaa gimana di ijazah aja sudah terpampang jelas. Tapi yaa coba apply-apply aja buat jadi graphic designer dengan catatan kalo lagi interview menjelaskan ke HRDnya. Kalo memang saya lulusan informatika tapi konsentrasi saya multimedia. Dengan begitu HRD Mungkin sedikit memahaminya.




Bekerja sebagai graphic designer waktu itu saya ditugaskan untuk membuat desain hijab. Yang kadang-kadang juga motif kain. Jatuhnya mungkin oral ilustrasion. Itu cukup menambah pengalaman untuk saya, karena yaa memang fresh graduate yang pengalaman dalam dunia kerja sangat minim. Kan paling biasanya cuma praktek kerja lapangan yang Hanya 3 bulan. Kalo dikampus sendiri paling hanya menjadi asisten praktikum, yaa yang jatuhnya sebagai pengajar, engga ding tepatnya mahasiswa yang membantu dosen untuk perkuliahan praktikum.




Keja di perusahaan online shop 2019-saat ini.
Ini adalah pengalaman pertama saya bekerja diperusahaan online shop. Haha 
Dulu mikirnya yang jualan di marketplace itu yaa individu aja ternyata ada perusahaan yang memang benar-benar fokus jualan di marketplace. disini kerjaan saya adalah mengedit foto dan mendesin produk baru yang akan dijual di marketplace. Selain itu juga, membuat banner-banner promo.




2020 hingga tahun selanjutnya
Inshaallah mau jadi freelance aja. Hahaha
Cita-cita yang udah ada sejak kelar kuliah. Tapi kita juga butuh pengalaman, butuh rekan, merasakan kerja sama orang itu bagaimana sih. Hidup seperti  role coaster yang ga tau sampai kapan. Tapi tetap semangat dan optimis.
Karena semua pasti tergantung niat dan usaha kita. 
Untuk kedepannya lagi saya akan lebih bekerja keras!




So, thank you for reading this!

Have fun :)

You May Also Like

0 comments

Get in Touch