TES GENOSE : Pulang Kampung Wajib Banget Test Genose Di Statsiun Pasar Senen

by - 21.50

Bulan lalu tepat pada tanggal 20 Maret 2021 saya pulang kampung menggunakan transportasi umum yaitu kereta api. 


Salah satu persyaratan untuk menggunakan trasnportasi dengan jarak jauh adalah surat pernyataan bebas covid yang diantaranya ada pcr, antigen hingga yang terbaru ada genose. Untuk antigen saya pernah test pada bulan desember tahun lalu, sedang pcr sendiri saya belum pernah. 



Kebetulan pulang kampung bulan lalu saya mencoba untuk menggunakan test genose, karena selain murah meriah juga ternyata prosesnya sangat cepat serta memang saya juga penasaran dengan alat test pendeteksi covid yang satu ini. 



Test genose ini adalah alat deteksi virus buatan anak negeri tepatnya UGM yang sudah memiliki izin dari satgas penanganan covid-19.

Untuk proses pemeriksaan saat di statsiun yaitu dengan melalukan print tiket kai. Ini berbeda dengan saat saya melakukan test antigen, dulu ketika test antigen hanya perlu menuliskan kode bookingnya saja. Naah untuk test genose ini kita wajib cetak tiket dulu.

Setelah Cetak Tiket Kai

Setelah cetak barulah kita ketempat pemeriksaan untuk mengambil nomor antrian , setelah kita mengambil nomor antrian dan mengantri kita akan diarahkan ke tempat registrasi pembayaran yaitu sebesar 30.000. Di tempat transaksi ini kita menyerahkan nomor antrian , tiket serta uang.


Tiket dan Nomor Antrian Test Genose


Antrian dan Pembayaran


Setelah melakukan transaksi kita akan mendapatkan tiket kita kembali serta tabung yang akan nanti kita gunakan untuk menampung hembusan nafas kita. Dan ternyata tabung dan tiket kita ini sudah ditempeli dengan stiker barcode. 


tiket dan tabung yang sudah ditempeli barcode


Setelah itu kita diarahkan ke bilik yang akan kita gunakan untuk menarik menghembuskan nafas ke tabung yang sudah kita terima dari petugas.
Dan berhubung kemarin saya pertama kali, saya sedikit bingung karena tidak ada arahan dari petugas. Hanya ada video tutorial di layar. Dan karena tidak ada arahan, kebanyakan kemarin orang-orang hanya berdiam setelah masuk kebilik. 


Bilik meniup tabung


Maka dari itu untuk teman-teman yang akan melakukan genose setelah masuk kebilik langsung saja meniupkan nafasnya ke tabung yang sudah diterima. 


Jika tidak salah kita perlu menarik nafas terlebih dahulu 2x baru yang ke 3xnya hembuskan ke tabung. Oh iyaa jangan lupa 1jam atau beberapa jam sebelum melakukan test alangkah lebih baiknya untuk tidak memakan makanan yang berbau.



Tabung yang berisi nafas yang sudah ditiupkan


Setelah tabung terisi dengan nafas kita, langsung saja serahkan petugas yang berada tepat didepan bilik itu. Dan taraa 2 menit kemudian hasilnya sudah langsung dapat diketahui. 



Naah untuk mengetahui hasilnya bisa langsung scan barcode yang tadi sudah ditempeli ditiket kita. Jadi kita tidak perlu menunggu surat hasilnya, karena langsung bisa kita cek melalui hp kita.

Untuk melakukan test pendeteksi corona lebih baik dilakukan H-1. Agar teman-teman tidak kesusu jika dilakukan hari H atau hari keberangkatan. Karena kita tidak tahu antriannya akan sebanyak apa. 


Untuk hari keberangkatan, petugas kai juga akan mengecek langsung dari barcode tiket kita. Jadi tidak perlu menggunakan kertas dll.

You May Also Like

0 comments

Get in Touch