Latihan Pernafasan : Breathing Exercise untuk Kesehatan Mental

by - 18.57

manfaat latihan pernafasan litaamalias.com


 Latihan Pernafasan  untuk Kesehatan Mental 

Beberapa hari yang lalu saya menonton video youtube enzy yang berbincang dengan ariel tatum. Mereka membahas tentang mental health.

Salah satu yang menarik untuk saya yaitu ketika pembahasan tentang breathing exercise atau latihan pernafasan. Karena saya sendiri baru benar-benar menyadarinya ketika menonton video mereka.

Dalam videonya, mereka bilang terkadang kita sering menyepelekan nafas kita karena memang nafas-kan sudah auto mengehmbuskan tanpa kita perlu mikir atau sudah dibawah alam sadar kita.

Padahal mengenali nafas kita itu ada salah satu hal yang penting untuk kesehatan mental kita, dalam artian kita seperti memberi makan pada jiwa kita.

Adapula yang disebut pernafasan diafragma, 

Pernafasan ini adalah jenis latihan pernapasan yang membantu memperkuat diafragma, otot penting yang membantu tubuh bernapas. Latihan pernapasan ini juga disebut pernapasan perut.


Diafragma sendiri adalah otot pernapasan berbentuk kubah yang letaknya dekat bagian bawah tulang rusuk tepat dibawah dada. Saat kita menghirup dan menghembuskan udara, diafragma dan otot pernapasan lainnya disekitar paru-paru berkontraksi. 

Melatih pernafasan tidak hanya untuk yang punya gangguan kesehatan mental atau anxiety , tapi ini juga bisa bermanfaat untuk orang orang seperti kita yang mungkin sedang stress dan lain-lain.

Ketika bangun tidur kita tahu kita kurang tidur atau habis bergadang, mungkin kita tidak menyadarinya jika nafas kita akan pendek dan itulah yang membuat diri kita tegang, stress dan anxiety. Saat seseorang stress, kemungkinan system kekebalan tubuhnya menjadi kurang dan akan rentan terhadap berbagai kondisi.

Maka dari itu latihan pernafasan sangat dianjurkan, karena bisa membantu tubuh mengurangi efek stress ini.

Adapun manfaat latihan pernafasan lainnya yaitu :

  • menurunkan detak jantung
  • membantu menurunkan tekanan darah
  • membantu menurunkan tekanan darah
  • membantu mengatasi gejala gangguan stress pascatrauma
  • Meningkatkan kemampuan tubuh untuk mentolerir olahraga yang intens.
  • Menurunkan kemungkinan melukai atau menguras otot.
  • Memperlambat laju pernapasan sehingga menghabiskan lebih sedikit energi.

 

Hal lainnya yang bisa kita lakukan yaitu ketika bangun tidur, kita bisa lebih untuk rileks seperti nafas dulu dengan benar, berterimakasih pada diri sendiri bahwa masih bisa bernafas.

Memberikan afirmasi pada diri sendiri dan hal-hal positif lainnya.

Mindfull dengan nafas kita, kalo bernafas yang enak tuh gimana sih. Itu sangat berpengaruh banget ke kondisi badan kita seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kalo stress nanti imun turun kalo imu turun tubuh kita bisa dalam berbagai kondisi. Contoh sederhananya gini deh, mungkin nafas sering disepelekan, tapi kalo kita flu dan pernafasan terganggu juga rasanya BT banget kan. Nah hal sederhana gitu aja bikin kita ga nyaman banget.

 

Saya sendiri juga mulai dari kemarin sudah mulai membuka youtube untuk mencari tutorial pernafasan diafragma. Dan divideo enzy juga menyebutkan nama aplikasi yang dia pakai yaitu breathwalk.


You May Also Like

0 comments

Get in Touch